Menyibak Beberapa Peribahasa

Ok guys, berikut mungkin tulisan gw yang paling absurd se-absurd-absurdnya, soalnya gw mau negbahasa soal beberapa hal tentang peribahasa, tentunya peribahasa dai negeri kita, Indonesia.
Ide soal ngebahas tentang beberapa butir peribahasa ini datang disaat gw lagi dinkamar mandi lagi mantengin WC penuh. Langsung aja yuk!

1. Sambil menyelam minum air.
Artinya yang sebenernya si mungkin melakukan dua hal di saat bersamaan yang bisa menguntungkan kita. Tapi gw ngliatnya ga begitu, coba baca lagi "menyelam minum air", yang ada di pikiran gw ini mungkin peribahasa ini ngasih tw buat ga nyelam sambil minum air, soalnya kalo kita menyelam sambil minum air ya anak SD jungkir balik-pun tau kalo lagi keadaan begitu berarti itu orang lagi tenggelem. Berarti makna sesungguhnya peribahasa ini itu, anjuran untuk tidak tenggelam saat berenang.

2. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari
Ini peribahasa aneh banget, coba lw bayangin kalo "guru kencing berdiri" mungkin kalo buat cowo si wajar, tapi kalo gurunya cewe, apa jadinya?Bisa terkewer-kewer. Apalagi kalo peribahasanya "guru kencing berlari, murid mungkin kencing sambil salto, bahaya banget ini. Satu hal lagi yang jadi sorotan kenapa guru di simbolkan dengan kencing berdiri, mereka biar kelihatan cool, apalagi mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Jadi mungkin makna peribahasa ini, jadilah guru yang sederhana dan beribawa yang dapat menjadi tauladan yang baik, dan jadi guru yang bisa ngajarin muridnya kencing berlari.

3. Seperti kucing dan anjing
Maksud peribahasa ini kan ini sebagai simbolisasi kepada orang-orang yang sering berantam, kayak ade sama abanya setiap hari kerjaannya berantam terus. Terus apa anehnya? Anehnya bisa dilihat sendiri deh, pernah ga kalian ngeliat kucing sama anjing berantam? Jarang banget kan? Jadi penempatan kucing dan anjing itu kurang pas, seharusnya bunyinya begini "Seperti Tom and Jerry" cocok kan? Soalnya mereka berdua kerjaannya kejar-kejaran terus, berantam. Mungkin juga bisa begini "Seperti ikan cupang crown tail dan ikan cupang double tails" soalnya mereka kalo mereka di ketemuin ya udah pasti langsung di adu, jotos-jotosan, jadi terlihat lebih pas kan di banding kucing sama anjing.

4. Bagai burung dalam sangkar
Begitu gw baca, ya iyalah burung pasti dalam sangkar, kalo dalem kerangkeng itu mungkin gorilla atw orang utan, terus kalo bagai burung dalam sel tahanan itu lebih ga mungkin, kecuali itu burung kerjaannya korupsi terus.

Comments

Popular Posts