Keluarga Zaman Dahulu dan Keluarga Sekarang

Pada zaman dahulu umumnya orang hidup dalam satu rumah yang besar. Di dalam rumah yang besar itu hiduplah beberapa keluarga menjadi satu. Kesatuan kekeluargaan yang besar itu lazim disebut famili. Suatu famili mempunyai peraturan-peraturan dan tata tertib sendiri yang diatur dan dikepalai oleh seorang kepala famili.
Lain halnya dengan keluarga pada zaman sekarang. Kesatuan kekeluargaan secara famili ini (keluarga besar) sekarang telah terpencar menjadi keluarga yang kecil-kecil dan fungsinya terhadap pendidikan anak-anak pun berubah pula.
Keluarga yang tadinya merupakan kesatuan yang menghasilkan segala kebutuhan mereka, menjadi kesatuan yang memakai semata-mata. Hal ini dapat kita lihat dengan jelas pada kehidupan kaum buruh atau pegawai-pegawai pemerintah yang dapat kita katakan melulu dari uang yang diterimanya setiap bulan atau setiap minggu.
Di dalam keluarga yang sudah sedemikian teroraknya seperti sekarang ini keluarga yang akrab dan kecil itu tinggallah berfungsi menurunkan dan mendidik anak-anak dalam suasana kerukunan yang tidak mereka jumpai dalam suatu golongan yang lain manapun. Fungsi inilah yang tetap dipegang oleh keluarga zaman sekarang ini.

Comments

Popular Posts