Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pendidikan Anak-Anak

Dari kecil anak dipelihara dan dibesarkan oleh dan dalam keluarga. Segala sesuatunya yang ada dalam keluarga, baik yang berupa benda-benda dan orang-orang serta peraturan-peraturan dan adat istiadat yang berlaku dalam keluarga itu sangat berpengaruh dan menentukan corak perkembangan anak-anak. Bagaimana cara mendidik yang berlaku dalam keluarga itu, demikianlah cara anak itu mereaksi terhadap lingkungannya.
Jika di dalam lingkungan keluarganya, misalnya, anak itu sering ditertawakan dan diejek jika tidak berhasil melakukan sesuatu, maka dengan tidak sadar ia akan selalu berhati-hati tidak akan mencoba melakukan hal yang baru atau yang sukar. Ia akan akan menjadi orang yang selalu diliputi oleh keragu-raguan.
Contoh diatas hanya sebagian kecil dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh anggota keluarga dalam mendidik anak-anaknya, dalam kenyataannya masih banyak sekali kesalahan yang lebih fatal. Akibat umum yang timbul karena kesalahan-kesalahan pendidikan dalam lingkungan keluarga dapat kita sebut mempertebal perasaan harga-diri-kurang pada anak.
Mengingat buruknya akibat tersebut, dan tidak sesuai lagi dengan alam kemerdekaan kita sekarang ini, maka perlu kiranya disini diberikan beberapa petunjuk untuk memberantas, atau sekurang-kurangnya mengurangi, perasaan harga-diri-kurang:
a. Janganlah sering melemahkan semangat dalam usahanya yang hendak berdiri
b. Janganlah memalukan atau mengejek anak di muka orang lain
c. Jangan terlalu membeda-bedakan dan berlaku “pilih kasih”
d. Jangan terlalu memanjakan anak

Comments

Popular Posts