Peranan anggota Keluarga terhadap pendidikan anak-anak

a. Peranan Ibu
Sesuai dengan fungsi serta tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga, dapat disimpulkan bahwa peranan ibu dalam pendidikan anak-anaknya adalah sebagai:
- Sumber dan pemberi rasa kasih sayang,
- Pengasuh dan pemelihara,
- Tempat mencurahkan isi hati,
- Pengatur kehidupan dalam rumah tangga,
- Pembimbing hubungan pribadi,
- Pendidik dalam segi-segi emosional.
b. Peranan Ayah
Di samping ibu, seorang ayahpun memegang peranan yang penting pula. Anak memandang ayahnya sebagai orang yang tertinggi gengsinya atau prestisenya.
Di tinjau dari fungsi dan tugasnya sebagai ayah, dapat dikemukakan bahwa peranan ayah dalam pendidikan anak yang lebih dominan adalah sebagai:
- Sumber kekuasaan di dalam keluarga,
- Penghubung intern keluarga dengan masyarakat atau dunia luar,
- Pemberi perasaan aman bagi seluruh anggota keluarga,
- Pelindung terhadap ancaman dari luar,
- Hakim atau yang mengadili jika terjadi perselisihan,
- Pendidik dalam segi-segi rasional.
c. Peranan Nenek
Selain oleh ibu dan ayahnya, banyak pula anak-anak menerima pendidikan dari neneknya. Nenek merupakan sumber kasih sayang yang mencurahkan kasih sayangnya yang berlebih-lebihan terhadap cucu-cucunya. Mereka tidak mengharap sesuatu dari cucunya itu, mereka semata-mata memberi belaka.
Orang dapat mengetahui bahwa untuk kepentingan pendidikan anak-anaknya sering lebih baik jika keluarga itu tinggal terpisah dengan nenek. Kunjungan nenek yang sewaktu-waktu dan bermalam sekali-kali di rumah orang tua anak telah cukup untuk menyenangkan hati anak.
d. Peranan Pembantu Rumah Tangga (Pramuwisma)
Pada umumnya pramuwisma (yang bukan babysitter) tidak memiliki pengetahuan ataupun pengalaman yang cukup dalam hal mengasuh atau mendidik anak-anak, apalagi pramuwisma yang masih muda atau belum pernah berkeluarga. Oleh karema itu, bagi para orang tua, betapapun sibuk dan sempitnya waktu terluang, tidak baik jika menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak-anaknya kepada pramuwisma. Peranan pramuwisma sebagai pembantu rumah tangga hanyalah sebagai “pembantu” pula dalam mengasuh dan mendidik anak-anak didalam keluarga.

Comments

Popular Posts