Semi-Final Liga Champions 2010-2011


Liga Champions adalah salah satu perhelatan sepak bola yang paling akbar di dunia setelah World Cup dan Europe Cup. Disana berkumpul club-club berkelas dunia yang tersebar di berbagai belahan benua biru (Eropa).
Musim ini memasuki musim 2010-2011, 32 team berlaga dalam ajang ini. Dari Internazionale de Milan sang juara bertahan hingga FC Basel 1893. Mereka memperebutkan tropi yang paling bergengsi itu. Dimulai dengan group stage yang dimana seperti biasanya club-club elit Eropa yang menjadi langganan lolos dari fase ini berhasil lolos satu persatu.
Tidak banyak kejutan yang terjadi, hanya beberapa kejutan terjadi dalam perhelatan kali ini, seperti kejutan yang dilakukan oleh club yang pertama kali masuk Liga Champions dan berhasil memuncaki grup A dengan raihan 11 angka dan mempecundangi sang juara bertahan Internazionale. Sementara kejutan lain terjadi di grup H dimana Shakhtar Donetsk memuncaki klasemen.
Undian 16 besar pun telah dimulai. Tak banyak yang istimewa terjadi di fase ini, kecuali bertemunya kembali 2 finalis tahun lalu, yaitu Bayern Muenchen dan Internazionale. Ini adalah duel yang paling disorot oleh mata dunia, sedangkan walaupun tak seperti laga tersebut laga lain juga tidak kalah serunya, seperti Totenham melawan A.C Milan.
Pada tanggal 15-23 Februari waktu Eropa, Leg pertama berakhir dengan hasil yang cukup mencenangkan, banyak club bermain imbang seperti Lyon vs Real Madrid (1:1) dan Marseille vs MU (0:0) dan tentunya Valencia vs Schalke 04 (1:1). Banyak kejutan yang terjadi, seperti kekalahan Internazionale vs Muenchen (0:1), Milan vs Totenham (0:1), Arsenal vs Barcelona (2:1) dan AS.Roma vs Shakhtar (2:3). Hasil yang cukup mengejutkan dimana Totenham membuka asa untuk mencetak sejarah melaju ke delapan besar setelah menaklukan Milan di San Siro.
8-16 Maret perhelatan itu berlanjut pada Leg 2 16 besar. Yang meloloskan 8 team, yaitu Internazionale yang berhasil menaklukan Muenchen 2:3 (3:3 *Inter menang gol tandang) di Allianz Arena, Barcelona yang berhasil menekuk Arsenal 3:1 (4:3), Schalke yang berhasil menundukan Valencia 3:1 (4:2), Totenham yang menahan imbang Milan 0:0 di Leg kedua (1:0), Manchester United yang menundukkan Marsielle 2:1 di Old Trafford (2:1), Shakhtar yang melumat AS Roma 3:0 (6:2), Chelsea yang menahan imbang Copenhagen 0:0 di Stamford Bridge (2:0), dan sang pemegang title terbanyak Real Madrid yang berhasil mengalahkan Lyon 3:0 di Bernabeu (4:1).
Akhirnya pada tanggal 18 Maret 2011, jam 12.00CET di markas UEFA, Nyon, Switzerland pengundian babak 8 besar pun dimulai. Di awali dengan pertandingan pertama antara Internazionale yang akan bertemu dengan Schalke 04 yang banyak diprediksi akan menjadi laga mudah untuk Internazionale, kemudian Real Madrid yang dipastikan akan bertemu Totenham Hotspur yang akan diprediksi menjadi laga menarik, lalu Barcelona yang akan menghadapi club penuh kejutan Shakhtar Donetsk, dan laga yang paling panas antara Manchester United vs Chelsea, yang disebut-sebut dengan laga balas dendam Chelsea yang ditaklukan MU di final liga champions 2007-2008.
Laga 8 besar ini akan berlangsur dari 5-6 April untuk laga leg pertama dan 12-13 April untuk laga leg kedua. 8 besar adalah ajang pembuktian club-club eropa bahwa mereka lah club-club elit tahun ini, dan siapakah yang akan berjaya untuk lolos ke semi-finals atau bahkan menuju laga puncak yang akan di selenggarakan di Wembley (Inggris) pada tanggal 28 Mei 2011.

Comments

Popular Posts